Social Icons

Minggu, 09 September 2012

Fokuslah Pada Kekuatan Anda



Ingat ketika di sekolah, ketika Anda memilih mata pelajaran  yang sudah Anda kuasai? Bagaimana rasanya? Luar Biasa! Ini akan menjadi mudah. Saran apa yang Anda dapatkan dari mentor atau dosen Anda? Mungkin, mereka merekomendasikan Anda mengambil kelas dimana Anda lemah dalam mata pelajaran itu.
Mempelajari mata kuliah baru memang ide yang baik untuk dicoba, berusaha mengembangkan kelemahan yang menghambat Anda. Pepatah biasa mengatakan kita harus bekerja keras untuk memperbaiki kelemahan kita, tapi sebenarnya, ini tindakan yang sangat menghabiskan energi, waktu, talenta, dan kesempatan.
Bayangkan jika itu terjadi pada Chopin, Einstein, Christ Evert, atau Pavarotti apabila mereka mengikuti saran ini. Mereka adalah orang yang mengabdikan hidup mereka untuk mengembangkan kekuatan natural mereka. Sebagai hasilnya, mereka mencapai puncak pada bidangnya.
Pengusaha yang sangat sukses, bisa disamakan seperti ilmuwan yang ahli, seniman, atlit, dan para entertainer, berdasarkan pada sejarah mereka mendapatkan keahlian mereka dengan berfokus pada kekuatan mereka.
Setiap orang mempunyai  kemampuan alami dalam suatu bidang. Kita semua mempunyai kemampuan spesial yang dikaruniai oleh Tuhan. Anda mungkin ahli di bidang angka, menggambar,  mengajar, atau menanam tanaman. Talenta spesial Anda mungkin melibatkan music, kemampuan atletik, empati, menulis, dan bekerja menggunakan tangan.
Masalahnya adalah Anda tidak mengenali bakat Anda sendiri.  Anda mungkin tidak menyadari sebenarnya Anda memiliki kelebihan dibanding orang lain. Anda mungkin percaya semua orang bisa membuat taman yang indah dengan mudah.
Faktanya adalah kita semua berbeda. Anda bisa melakukan beberapa hal lebih baik dari saya bisa. Dan, saya bisa melakukan beberapa hal lebih baik dari Anda.
Bagaimana Anda bisa menemukan bakat alami Anda ?
Pertama, tulis hal – hal yang dengan mudah Anda lakukan. Hal – hal ini adalah hal yang dengan sangat mudah Anda bisa lakukan. Sering, tugas itu kita anggap mudah karena kita mempunyai bakat alami disana.
Lalu, buat list hal – hal yang apabila Anda melakukannya Anda bisa menghabiskan waktu dengan mudah. Ketika Anda melakukan hal ini, Anda mungkin nantinya akan sadar bahwa Anda sudah menghabiskan beberapa jam tanpa terasa melakukannya. Ini adalah tips untk menemukan bakat alami Anda.
Akhirnya, tulis semua aktivitas yang membuat Anda bahagia. Hal ini yang bisa membuat Anda tersenyum. Aktivitas – aktivitas ini yang Anda lakukan hanya untuk kepuasan diri sendiri, tanpa keinginan untuk mendapatkan sesuatu, hanya karena Anda senang pada saat melakukannya dan dapat mengisi hari – hari Anda.
Lihat dalam 3 list tersebut untuk menemukan aktivitas yang umum. Itulah area dimana Anda memiliki kemampuan dan bakat alami. Ini adalah area yang sangat potensial untuk Anda. Bayangkan jika Anda bisa menghabiskan banyak waktu Anda mengembangkan dan bermain dengan sesuatu yang bisa membuat Anda bahagia, dimana Anda akan menghabiskan waktu dengan mudah dan aktivitas tersebut sangat mudah bagi Anda.Wow!
Jangan termakan nasihat lama yang mengatakan Anda harus bekerja untuk kelemahan Anda.
Pekerjakan seseorang yang kuat di suatu bidang yang Anda lemah. Bagikan tugas yang tidak Anda sukai dimana orang tersebut bisa melakukannya dengan senang hati. Lakukan berulang – ulang. Berikan tugas tersebut kepada orang lain dimana Anda tidak bisa melakukannya.
Seberapa keras Anda berusaha, Anda hanya akan menjadi rata – rata dimana Anda tidak mempunyai bakat alami di bidang tersebut. Selalu bekerja untuk kelemahan Anda bisa merusak kepercayaan diri Anda karena Anda akan fokus pada kekurangan Anda.
Di lain pihak, bekerja untuk mengembangkan bakat alami akan memberikan penghargaan tersendiri dan motivasi yang bisa membuat Anda mempunyai kemampuan yang semakin lama semakin tinggi, penghargaan dan kesuksesan.
Investasikan waktu Anda dan energy di suatu bidang yang Anda hebat dalam melakukannya. Sangat luar biasa. Anda akan lebih bahagia, atasan Anda,  pelanggan Anda akan memberikan hadiah atas totalitas Anda.
Kombinasi yang bagus adalah : Anda melakukan hal yang Anda sukai dan orang akan membayar Anda untuk itu.
Fokus pada kekuatan Anda. Pengalaman kepuasan yang tertinggi didapat ketika Anda dapat melakukan sesuatu dengan luar biasa.

0 komentar:

Posting Komentar